Gedhang Ganteng, Surga Kuliner Penggemar Pisang

Aneka makanan di cafe gedhang ganteng

Saat ada ajakan dari teman untuk mencoba kuliner di The House of Banana atau Cafe Gedhang Ganteng, Malang, tak butuh waktu lama untukku meng-iyakan. Lah gimana? Pisang itu buah paling favorit buat aku, mau dimakan sebagai buah, digoreng, dibakar, dikukus, ataupun dibuat kolak, gak ada yang aku tolak, hajaaaarrr! #eh

Kalau dilihat namanya yang pakai gedhang (pisang) sudah pasti cafe yang satu ini menyediakan berbagai jenis makanan yang terbuat dari pisang, harapanku sih begitu. Itu sebabnya, aku rela dateng jauh jauh dari kota Batu dengan mengendarai motor, memecah jalanan yang macet karena sedang musim liburan, dan membutuhkan waktu hampir satu jam untuk sampai di lokasi. Untungnya, lokasi Cafe Gedhang Ganteng sangat mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan besar dan dekat dengan Universitas Brawijaya Malang. Gak pakai acara nyasar deh.

Lantai 1 gedhang ganteng

Balkon di lantai 2

Kesan pertama saat masuk ke cafe ini adalah suasananya yang nyaman dan cozy, cocok untuk kongkow kongkow bareng temen, pacar, keluarga, atau kongkow sendirian bagi yang jomblo, peace ah. Cafe ini terdiri dari 2 lantai dan kami memilih untuk duduk di lantai atas yang lebih lengkap fasilitasnya karena mushola dan toilet ada disini. Eh, ada balkonnya juga loh, jadi makin asik acara kongkownya kalo sambil melihat jalanan kota Malang.

Saat melihat buku menu, aku tau bahwa dugaanku benar adanya. Berbagai macam jenis makanan olahan yang terbuat dari pisang, tersedia disini. Ada gedhang semiran  yang mempunyai banyak varian rasa seperti green tea almond, chocho cheese, dan nutella. Gedhang semiran merupakan menu yang paling banyak dicari oleh pengunjung, mungkin karena namanya yang menggelitik ya, eh rasanya juga enak kok. Ada juga gedhang bakar yang juga memiliki beberapa pilihan topping, aku memilih topping coklat dan keju, yuuummmy. Tidak lupa pula ada banana boat, pisang dilumuri coklat dengan berbagai topping yang membuat kita menelan ludah saat melihatnya.

Gedhang bakar dan gedhang semiran

4 macam rasa rice bowl

Selain berbagai makanan olahan pisang, di cafe gedhang ganteng juga menyediakan berbagai jenis minuman berbahan baku pisang, seperti banana delight, freezing banana, dan parfait. Yang aku suka dari minuman minuman di cafe ini, selain rasanya yang enak dan segar adalah cara penyajiannya yang menarik. Penyajian yang menarik sudah pasti menambah selera kita sebagai konsumen bukan? Nah, hal ini rupanya juga menjadi perhatian dari cafe yang berdiri sejak 24 Februari 2015 tersebut.

Menikmati alpukat kerok ala gedhang ganteng

Tempat asik buat nongkrong

Kalau anda kebetulan datang ke Gedhang Ganteng dan tidak begitu suka dengan olahan makanan berbahan pisang, anda tidak perlu ngambek langsung pulang ya, karena disini juga disediakan beberapa menu lain yang tidak kalah lezat. Kalau sedang ingin makan nasi, ada kok, rice bowl namanya. Ada rice bowl cheesy, blackpepper, barbeque, kare, dan sambal ijo. Melihat penyajian rice bowl ini jadi ingat penyajian nasi ala ala restoran jepang, nasi diletakkan di dalam mangkok, dan masakan tambahannya cukup diletakkan di atas nasi, tapi makannya pakai sendok ya, gak pakai sumpit, #halah.

Selain nasi, disini juga disediakan olahan mie dengan berbagai rasa dan level kepedasan. Ada mie suci, suju, sambal ijo, dan balado dengan tingkat kepedasan dari level 1 sampai 3. Bosan dengan nasi atau mie? Mungkin anda akan suka dengan olahan sayap ayam ala gedhang ganteng yang juga enak, chicken wings kare, balado, cheesy, dan blackpepper. Bagaimana dengan harga? Harganya ramah kantong kok, antara rp.12.000 sampai rp.20.000 an saja untuk satu menu makanan atau minuman. Murah tapi tidak murahan.

Semua pekerja berstatus mahasiswa

Melihat begitu banyak menu makanan yang disediakan, jadi penasaran juga, sebenarnya ada berapa pekerja yang bekerja di cafe ini. Ternyata banyak juga loh, 19 orang tepatnya dan dibagi menjadi 3 shift. Hebatnya, semua pekerja masih berstatus mahasiswa, jadi selain mencari tambahan uang saku, mereka juga bisa belajar berbisnis di bidang kuliner, keren ya. Usut punya usut, kedua orang pemilik cafe Gedhang Ganteng juga mengawali bisnis ini saat mereka masih berstatus mahasiswa, dan hebatnya lagi, pada tahun 2017 atau 2 tahun sejak cafe ini didirikan, mereka berhasil menjadi pemenang ke-2 penghargaan wirausaha mandiri tingkat nasional, wow, two tumbs up deh.

***

Gedhang Ganteng
Jl. Mayjend. Panjaitan No.174, Penanggungan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65113
0812-4944-9536


Comments

  1. Sukaa gedhan semirannyan.
    Suami mau ngajakin ke sana lagi lain waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku yo ngajak mbak, iri dekne

      Delete
  2. Wah, dasarnya emang saya suka banget pisang. Liat fotonya mba eren, jadi kepingin kesana...
    ^_^

    ReplyDelete
  3. aku pingin kesana lagi nyoba lainnya, penasaraaaaaan deh pingin makan banana boat dan mie balado. Hehe

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wow! Ada Pagupon camp dan Indian camp di Coban Talun, kota Batu

Homestay, Penginapan Alternatif di Kota Batu

Wana wisata Coban Rais, Mendadak nge-hits Karena Medsos