Eksotisme Air Terjun Coban Nirwana, Malang

Indah ya

Minggu kemarin, aku ngikut bapaknya anak anak untuk mengurus sebuah pekerjaan di sebuah kecamatan yang terletak di Malang selatan, kecamatan Gedangan. Tapi tentu saja, sebelum berangkat ke tempat tujuan, aku sengaja googling dulu untuk mencari tahu tempat tempat wisata yang sekiranya akan kami lewati atau terletak di dekat tempat tujuan kami. Ngurusin kerjaan itu penting, tapi refreshing juga gak kalah penting kan. Apalagi kalau kita bisa ngurusin kerjaan sambil refreshing, perfect!

Setelah googling, deal ada 2 tempat wisata yang akan aku datangi setelah urusan si mas selesai. Pantai Bajul mati, dan air terjun Coban Nirwana. Tapi rencana tinggal rencana, saat kerjaan beres malah udah setengah 3 sore dan kami harus memilih salah satu dari tempat wisata yang kami rencanakan. Karena jaraknya lebih dekat, aku memilih untuk mengunjungi air terjun Coban Nirwana.

Pintu masuk air terjun

Tempat parkir di area air terjun

Terletak di dusun Sumberbende, desa Gedangan, kecamatan Gedangan, air terjun yang oleh masyarakat lokal lebih sering disebut sebagai Coban Mbok Karimah ini termasuk tempat wisata yang sepi pengunjung. Hanya ada beberapa pengunjung lokal saja yang sedang asik berenang atau sekedar duduk duduk menikmati keindahan ciptaan Tuhan. 

Untuk masuk ke lokasi wisata Coban Nirwana ini kita bahkan tidak perlu membayar sepeser pun untuk karcis masuk, alias gratis. Cukup membayar rp.5000 untuk biaya parkir motor saja. Sepertinya memang belum ada investor yang tertarik untuk mengembangkan kawasan wisata ini agar menjadi jujugan para wisatawan. Padahal, air terjun yang bertingkat 2 ini mempunyai pemandangan yang sangat indah. 

Debit air yang mengalir dari atas tebing terbilang cukup besar dengan air yang lumayan jernih. Batu batu besar yang tersebar di sekitar air terjun, menambah eksotisme Coban Nirwana ini. Karena dikelilingi oleh hutan yang masih alami, udaranya pun menjadi sangat segar. Pikiran yang sedang kalut dijamin langsung fresh melihat keindahan tempat ini.

Mereka sedang asyik berenang

Seru kan?

Saat sampai di air terjun, aku melihat beberapa pemuda yang sedang asik berenang di kolam alami yang terbentuk oleh derasnya curahan air dari air terjun. Hebat juga pikirku, karena di kota Batu, tidak ada orang yang tahan berlama lama main air di bawah air terjun, entah itu Coban Rais atau Coban Rondo. Penasaran, aku mendekat ke arah air terjun, dan ternyata airnya tidak sedingin air terjun di kota Batu, pantas saja mereka asik asik saja berenang disana. Ingin sih ikut seru seruan di bawah air terjun, tapi apa daya, gak bawa baju ganti dan aku harus cukup puas dengan duduk duduk di pinggir kolam alami, dan mendekat ke air terjun sebentar saja untuk kebutuhan selfie, #halah.

Sungai di bawah air terjun

Cocok buat refresh pikiran

Oh iya, karena masuk ke tempat ini gratis, jangan berharap anda akan menemui fasilitas seperti toilet atau mushola. Gak ada, hiks. Warung pun cuma ada satu satunya dan hanya menjual beberapa makanan ala kadarnya. Untuk fasilitas jalan menuju lokasi, bisa dibilang lumayan bagus karena sudah beraspal meskipun agak rusak disana sini. Sayang seribu sayang memang kalau tempat se-keren ini tidak diurus dan dibiarkan begitu saja. Kalau investor tidak tertarik, mungkin pemda kabupaten Malang bisa mempertimbangkannya, karena eksotisme Coban Nirwana sudah pasti mampu menarik minat banyak orang untuk berwisata dan menambah pemasukan ke pemda. Sepakat?

Kalau anda kebetulan ingin berkunjung ke Coban Nirwana, dari Malang anda bisa berkendara ke arah selatan, lewat Bululawang, Gondanglegi, lalu ke arah kecamatan Gedangan. Diperlukan waktu sekitar dua jam perjalanan dari Malang ke Gedangan. Setelah sampai di pasar Gedangan, anda belok kiri masuk ke perkampungan. Dari sini anda tidak akan tersesat karena banyak papan penunjuk jalan menuju Coban Nirwana. Have a wonderful trip guys. 

****
Baca juga
http://www.erenhomestaybatu.com/2017/01/wana-wisata-coban-rais-mendadak-nge.html?m=1

****
Untuk reservasi homestay murah di kota Batu, hubungi nomer ini saja ya 081334338080





Comments

  1. Air terjunnya cantik seperti yang nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar terbaik abad ini, hehehe

      Delete
  2. Cobannya asyik, buku dan pulpennya itu juga tak kalah menarik!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wow! Ada Pagupon camp dan Indian camp di Coban Talun, kota Batu

Homestay, Penginapan Alternatif di Kota Batu

Wana wisata Coban Rais, Mendadak nge-hits Karena Medsos