Masakan Khas Jawa di Warung Khas Batu

Masakan khas Jawa di warung khas Batu
sate kelinci di warung khas Batu

November rain, hujan di bulan November membuat udara di kota Batu yang biasanya sudah dingin, semakin dingin. Kalau sudah dingin begitu, paling asik tarik selimut, leyeh leyeh, sampai bablas ketiduran. 

Tapi, jum'at tanggal 11 November 2016, kami dari Malang Citizen (Komunitas Blogger Malang Raya) sudah punya agenda untuk kopdar di sebuah warung yang terletak di Jln. Sultan Agung no 29 Kelurahan Sisir, kecamatan Batu, kota Batu. Tepatnya di sebelah utara Jatim Park 1, sebelah barat Pasar Parkiran, sebelah timur Museum angkut, dan sebelah selatan Taman Hutan Kota, kota Batu. Sangat strategis. Warung Khas Batu, begitu nama warung tersebut.

Pintu masuk warung khas Batu

Teman teman Malang Citizen kebanyakan berasal dari Malang dan mereka rela menembus derasnya hujan untuk sampai ke Batu. Oleh sebab itu, sebagai orang asli kota Batu, aku gak boleh kalah dari mereka hanya karena godaan selimut yang hangat, lembut, dan nyaman. Halah.

Begitu sampai di warung khas Batu, kami semua yang sudah kedinginan mempunyai harapan yang sama, menghangatkan badan. Pandanganku terpaku pada daftar menu di dinding yang ditulis di sebuah papan tulis menggunakan kapur tulis. Aku tidak begitu menghiraukan beberapa teman yang malah asik bermain karambol sambil menunggu teman teman yang belum datang. Tulisan yang terbaca susu jahe madu, sekoteng, kopi jahe, dan teman temannya, jauh lebih menarik dari tawa riang mereka yang lagi bermain karambol. 

Ini salah satu poin yang membuat warung khas Batu lebih menarik, tempat tunggunya menyediakan beberapa permainan seperti karambol dan billiard. Kolam kecil dengan hiasan hiasan unik juga membuat ruangan ini lebih menarik.

Kolam kecil yang mempercantik bagian dalam warung khas Batu

Setelah anggota Malang Citizen lengkap, kami segera mencari meja makan yang bisa dipakai untuk banyak orang. Ini karena selain makan bersama, kami juga punya agenda untuk belajar tentang food fotografi dan materi SEO. Ini salah satu alasan kenapa aku senang bergabung dengan komunitas Malang Citizen, karena dari mereka aku bisa belajar banyak tentang dunia blogger. Maklum blogger newbie, haha.

Suasananya nyaman untuk pertemuan

Setelah menemukan meja yang pas, kami segera memesan makanan dan minuman yang sekiranya bisa menghangatkan badan. Mie dhog jawa dan susu jahe madu menjadi menu pilihanku. Susu jahe madu yang disediakan di warung ini terasa terlalu manis untuk lidahku karena aku memang tidak suka gula, tapi tentu saja cocok untuk mayoritas orang Indonesia yang senang minum minuman manis. 

Mie dhog jawa

Mie dhog jawa sendiri ternyata lebih seperti bakmi rebus. Rasanya gurih, bumbunya meresap, ditambah irisan daging ayam, telur orak arik, dan sayuran, pas di lidah. Menu khas jawa lain yang menjadi menu khas di warung khas Batu adalah sate kelinci, nasi goreng, juga beberapa menu lalapan segar. Karena udara sangat dingin, kebanyakan dari kami memesan nasi goreng dengan berbagai spesifikasi bumbu dan bahan campuran. Ada nasi goreng mawut, nasi goreng rempah, nasi goreng babat, dan nasi goreng jowo.

Foto sana, foto sini, incip yang ini, incip yang itu, wah ternyata rasa masakannya memang khas masakan jawa yang kendel bumbu, atau bumbunya berani (banyak).   

Nasi goreng dan mie goreng jowo

Sebelum pulang, selfie dulu eaaaa

Sebenarnya, kalau melihat tempatnya yang bagus dan cozy, apalagi dilihat dari lokasinya yang strategis dekat dengan berbagai tempat jujugan wisatawan, mungkin kita akan berpikir bahwa harga makanan dan minuman di warung ini sangat mahal. Ternyata, setelah kita melihat daftar menu, pikiran tersebut bisa kita buang jauh jauh karena harganya yang ramah dompet. Nasi goreng misalnya, hanya seharga belasan ribu saja, hampir sama dengan harga nasi goreng di warung warung pinggir jalan. 

Harga ramah, masakan enak dengan bumbu khas Jawa, dan suasana restoran yang asik, siapa yang gak pengen datang kesini lagi. Lain kali, aku mungkin akan mengajak teman atau keluarga untuk merasakan sensasi makan masakan khas Jawa disini, di warung khas Batu. Yummy.



Warung Khas Batu
Alamat: Jl. Sultan Agung No.29, Sisir, Batu, Jawa Timur
Telpon: +62 341 592955
SMS/Whatsapp: +62 85707 5858 99
Site: www.thebatuvillas.com/warungkhasbatu
Instagram, Twitter: @warungkhasbatu
Facebook: https://www.facebook.com/warungkhasbatu

Comments

Popular posts from this blog

Wow! Ada Pagupon camp dan Indian camp di Coban Talun, kota Batu

Homestay, Penginapan Alternatif di Kota Batu

Wana wisata Coban Rais, Mendadak nge-hits Karena Medsos