Selamat Hari Jadi Kota Batu ke-15, Let's shine!

Tari panen

Apa yang anda pikirkan jika seorang vokalis band bertukar posisi dengan seorang wali kota? Jawabnya adalah sebuah kehebohan yang sangat menghibur. Inilah yang terjadi pada peringatan hari jadi Kota Batu yang ke-15, senin 17 Oktober 2016. Walikota Kota Batu, bapak Eddy Rumpoko, yang sebelumnya berjoget bersama penonton yang notabene warga kota Batu di depan panggung, tiba tiba naik ke atas panggung dan mengajak sang vokalis band "Tahu Brontak", Adam, untuk bertukar baju yang menjadi simbol pertukaran posisi jabatan di antara mereka berdua. Penonton pun tergelak saat melihat Adam yang biasanya slengean, tiba tiba membuat sikap siaga karena telah menjadi walikota Kota Batu. Kehebohan semakin menjadi saat bapak Eddy Rumpoko yang tengah menjadi "Adam", memberikan beberapa pertanyaan kepada sang walikota baru yang dijawab dengan guyonan guyonan ringan dan membuat penonton tergelak.

Bpk Eddy Rumpoko (kemeja kotak kotak) bertukar baju dengan vokalis grup band Tahu Brontak (kemeja putih)

Dalam memperingati hari jadi Kota Batu yang ke-15 ini, walikota Kota Batu memang ingin berada di tengah tengah masyarakat yang dipimpinnya tanpa membuat jarak dengan mereka. Mungkin itu sebabnya kenapa upacara peringatan hari jadi Kota Batu bukannya dilaksanakan di pusat pemerintahan kota  Batu yang biasa disebut Block Office, namun dilaksanakan di sebelah alun alun kota Batu yang ramai. Setelah upacara, walikota Batu kemudian memberikan penghargaan yang berupa piagam dan uang tunai senilai 10 juta rupiah kepada warga kota Batu yang berprestasi dan membawa nama baik kota Batu di tingkat provinsi maupun nasional.

Bpk Eddy Rumpoko (kemeja putih) bersama warga kota Batu

Ulang tahun kota Batu juga dimeriahkan dengan kirab tumpeng dan budaya yang diikuti oleh 19 desa dan 5 kelurahan yang tergabung di wilayah kota Batu. Kirab tumpeng dan budaya diawali dari block office menuju alun alun kota Batu.

Di alun alun kota Batu juga diadakan pesta rakyat yang cukup meriah. Pemkot Batu sebagai penyelenggara acara,  menyediakan makan gratis bagi masyarakat yang ikut merayakan hari ulang tahun kota Batu. Ada sekitar 5000 porsi diberikan cuma cuma kepada warga. Sayangnya saat penulis sampai di lokasi,makanan gratisan sudah habis tak bersisa dan penulis terpaksa beli sendiri, hiks.

Salah satu kreasi tumpeng

Salah satu peserta kirab budaya

Pesta rakyat juga diramaikan dengan pagelaran seni budaya lokal seperti kesenian Jaranan, Bantengan, dan Reog Ponorogo. Penampilan band Tahu Brontak menjadi penutup kemeriahan perayaan HUT kota Batu. Sederhana namun meriah, begitulah tag line yang diusung dalam perayaan hari jadi Kota Batu ke-15 kali ini.

Masyarakat yang ikut merayakan ulang tahun kota Batu mengaku merasa senang dan bahagia karena selama 15 tahun menjadi sebuah Kota otonom yang setingkat dengan kabupaten, perkembangan kota Batu terhitung sangat pesat. Kota Batu yang semula tidak begitu dikenal, belakangan menjadi begitu terkenal sebagai kota wisata yang menjadi jujugan wisatawan saat musim libur tiba.

Kesenian Jaranan

Kesenian Reog Ponorogo

Kota Batu sendiri awalnya hanya sebuah kecamatan kecil yang masuk di wilayah kabupaten Malang. Pada tanggal 17 Oktober 2001, kota Batu resmi memisahkan diri dari kabupaten Malang dan menjadi sebuah kota otonom dengan 3 kecamatan, yaitu kecamatan Batu, kecamatan Bumiaji, dan kecamatan Junrejo. Walikota Batu, bapak Eddy Rumpoko yang dibantu wakilnya, bapak Punjul Santoso, dipercaya berhasil membawa kemajuan yang signifikan bagi kota Batu hingga dikenal luas di penjuru tanah air.

Di momen hari jadi Kota Batu yang ke-15 kali ini, baik pemerintah maupun masyarakat kota Batu berharap agar kota Batu semakin maju, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,  dan industri pariwisata yang ada di kota Batu bisa membawa kemajuan bagi perekonomian warga kota Batu. Juga tak lupa harapan agar kemajuan kota Batu dibarengi dengan kesiapan mental warga Batu agar terhindar dari pengaruh buruk seperti narkoba ataupun budaya luar yang menggerus budaya lokal masyarakat. Dirgahayu The Shining Batu, let's shine!



*Ditulis oleh eren hNt dan semua foto merupakan koleksi pribadi



Comments

Popular posts from this blog

Wow! Ada Pagupon camp dan Indian camp di Coban Talun, kota Batu

Homestay, Penginapan Alternatif di Kota Batu

Wana wisata Coban Rais, Mendadak nge-hits Karena Medsos