Arboretum dan Pura Giri Arjuna, kota Batu



Sesuai dengan tajuk acara yang diselenggarakan Komunitas Blogger Kompasiana Malang tanggal 24 Januari 2016, yaitu "Kopdar dan Eksplorasi Pesona Wisata Batu 2016", penulis sebagai tuan rumah harus menentukan tempat wisata mana yang harus kami eksplorasi. Tapi nyatanya penulis malah kebingungan karena kota Batu memiliki begitu banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Akhirnya setelah ngobrol dengan teman teman Bolang, kami memutuskan untuk mengunjungi Pura Giri Arjuna yang terletak di lereng gunung Arjuna, tepatnya di desa Junggo. Salah satu bahan pertimbangan kami adalah karena banyak orang yang belum mengetahui kalau di Kota Batu juga terdapat tempat peribadatan umat Hindu yang sangat cantik.



 Arboretum yang indah  


Jujur saja, meskipun penulis merupakan orang asli kota Batu, penulis sendiri belum pernah datang ke Pura Giri Arjuna. Tapi toh dengan percaya diri penulis mengatakan kalau Pura Giri Arjuna terletak di dekat Arboretum Batu. Dan benar saja, setelah sampai di Arboretum, kami tidak menemukan pura yang kami cari, tapi kami malah menemukan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Arboretum itu sendiri.  
Arboretum merupakan hutan buatan yang ditumbuhi berbagai macam pohon hasil budidaya. Luas Arboretum sekitar 14 hektar dan dijadikan kawasan hutan lindung. Selain itu Arboretum juga berfungsi untuk menjaga mata air Sumber Brantas yang ada di dalamnya. Air di Sumber Brantas sangat jernih dan bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu.  


Mata air Sumber Brantas


Kawasan hutan buatan yang dibuka sejak tahun 1978 ini juga biasa digunakan untuk acara camping atau outbond. Tapi, dengan alasan keamanan, sebelum mengadakan acara camping di hutan ini, peserta diwajibkan melapor ke kantor pusat di kabupaten Malang. Ternyata, meskipun terletak di Kota Batu, pengelola Arboretum ini adalah BUMD milik kabupaten Malang. 


 
Areal pura Giri Arjuno


Puas mengeksplorasi hutan buatan, kami melanjutkan perjalanan ke tujuan awal kami yaitu Pura Giri Arjuna. Sepanjang jalan menuju Pura tersaji pemandangan yang begitu indah. Kebun sayur yang menghijau, juga kebun apel yang tengah berbuah, ditambah lagi dengan keindahan gunung Arjuna yang terlihat begitu dekat. 


Setelah melalui jalan yang terus menanjak, kamipun sampai di Pura Giri Arjuna. Bentuk dan ornamen Pura Giri Arjuna hampir sama dengan pura yang sering kita jumpai di pulau Bali. Pura ini sendiri merupakan peninggalan kerajaan Singosari dan biasa disebut sebagai Candi Pawonnya Singosari dibawah pimpinan mpu Sendok. Hal ini diceritakan sendiri oleh mpu yang kebetulan kami temui di area pura.     


view pegunungan dari dalam pura 


Mungkin karena letaknya yang berada di ketinggian, udara di sekitar pura ini begitu dingin. Hal ini membuat kami menggigil kedinginan karena tidak ada yang membawa baju hangat. Namun dinginnya udara di pura ini tertutupi oleh keindahan alam yang begitu memukau. Kamipun tersadar kalau ternyata ada surga yang tersembunyi di lereng gunung Arjuna, dan kami bersyukur bisa mengunjunginya bersama sama. Sungguh, kopdar dan eksplorasi wisata bersama Bolang kali ini benar benar seru dan menyenangkan, dan kamipun pulang dengan kesan yang tak terlupakan.   

Ditulis oleh eren hNt dan semua foto merupakan koleksi pribadi

Comments

Popular posts from this blog

Wow! Ada Pagupon camp dan Indian camp di Coban Talun, kota Batu

Homestay, Penginapan Alternatif di Kota Batu

Wana wisata Coban Rais, Mendadak nge-hits Karena Medsos