Alternatif lain Menikmati Wisata Alam Kota Batu; Trail Adventure



Kota Wisata Batu memang sudah terkenal sebagai tujuan wisata sejak beberapa tahun terakhir. Bisa dipastikan pada musim liburan seperti desember atau juli, Kota Batu akan dipadati oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam juga berbagai wahana wisata buatan di kota yang memiliki udara sejuk dan menyegarkan ini. Dan bagi anda yang bosan dengan sekedar jalan jalan lalu selfie, sekarang ada alternatif lain untuk berwisata menikmati keindahan alam yang masih alami di pinggiran kota Batu, yaitu perjalanan wisata menggunakan motor trail dengan jalur yang tidak terlalu ekstrim.




Trail Adventure di Kota Batu memiliki 2 jalur yang berbeda yaitu jalur selatan dan jalur utara. Jalur selatan dimulai dari desa Tlekung, menuju gua Cina dan dilanjutkan hingga ke air terjun Coban Putri yang masih terletak di desa Tlekung. Adventure diteruskan melalui jalur lingkar barat desa Oro Oro Ombo, naik ke arah desa Seruk, dan dilanjutkan hingga ke air terjun Coban Rondo. Pemandangan sepanjang Trail Adventure sangat bagus dan didominasi oleh hutan pinus. Jika anda ingin menjajal jalur yang lebih menantang, dari Coban Rondo anda bisa melanjutkan ke arah air terjun Coban Manten, dan berakhir di Gunung Dorowati, kecamatan Pujon. Pemandangan dari puncak gunung ini begitu menakjubkan.


Trail Adventure jalur utara diawali dari desa Sumberejo, naik terus ke arah utara menuju Gunung Banyak. Setelah itu turun lagi melalui dusun Brau hingga sampai ke air terjun Coban Talun. Di Coban Talun anda bisa melepas lelah sambil menikmati keindahan air terjun yang terletak di desa Junggo, kecamatan Bumiaji. Dari Coban Talun, perjalanan dilanjutkan melalui sumber Brantas desa Punten. Jika anda belum merasa lelah, anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Gunung Mujur dan turun di Giripurno, desa Pandanrejo. Trail Adventure berakhir di desa Temas. Pemandangan sepanjang jalur trail adventure sangat indah dengan udara yang masih sangat segar karena melewati sawah menghijau, sungai sungai kecil, dan pinggiran hutan yang masih alami.



Jika anda tertarik untuk melakukan perjalanan wisata menggunakan motor trail di daerah kota Batu, saya sarankan agar anda menggunakan jasa guide yang berpengalaman dan mengenal baik medan yang akan dilalui. Ini demi kenyamanan dan keselamatan anda sendiri, dan anda tidak akan tersesat. Akan lebih baik lagi jika anda melakukan perjalanan ini secara rombongan untuk berbagi keseruan berwisata alam menggunakan motor trail.

Penulis  : Eren HnT
Foto     : koleksi pribadi

Comments

Popular posts from this blog

Wow! Ada Pagupon camp dan Indian camp di Coban Talun, kota Batu

Homestay, Penginapan Alternatif di Kota Batu

Wana wisata Coban Rais, Mendadak nge-hits Karena Medsos